Friday, January 26, 2007

KADISPARBUD KOTA BOGOR DIPERIKSA,
DIDUGA TILEP DANA PEMBINAAN WARTAWAN
Bogor-Jurnal Bogor News- Kepala Dinas Informasi Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Bogor diperiksa Badan pengawas Daerah (BAWSDA), terkait adanya dugaan dana anggaran pembinaan pers senilai Rp 860 juta dalam APBD Kota Bogor Tahun 2006.

Pihak BAWASDA Kota Bogor, sejauh ini masih terus melakukan pemeriksaan intensif terhadap Kadisparbud Yamin saleh beserta seluruh stafnya. Pemeriksaan masih berjalan. Sudah ada empat orang yang diperiksa sebagai saksi, termasuk Kepala Disparbud sendiri. Demikian ungkap sumber JBN.

Dugaan penyelewengan dana APBD tahun 2006 yang dianggarkan sebesar Rp 680 juta untuk pembinaan pers ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya. Dalam APBD, untuk kegiatan Advetorial dianggarkan Rp 280 Juta, fasilitasi organisasi pers Rp 80 Juta, langganan surat kabar sebanyak 36 media senilai Rp 130 Juta.

Dugaan penyimpangan APBD ini terungkap ketika pada HUT Kota Bogor 2006 lalu, dimana telah dianggarkan sebesar Rp 50 Juta untuk biaya peliputan wartawan. Ternyata, pihak humas pemda Kota Bogor telah memalsukan tanda tangan wartawan yang hadir dalam acara HUT tersebut.

Sementara itu, Endang Zenal Arifin, Kepala Seksi Humas menyampaikan kepada media perihal dana pembinaan wartawan tersebut. Menurutnya, Walikota Bogor, Diani Budiarto memang punya kebijakan untuk memberikan dana pembinaan kepada wartawan yang meliput di Pemda Kota Bogor. menurutnya pula, Walikota Bogor sering mengeluarkan disposisi kepada Kepala Disparbud untuk mengeluarkan dana untuk anggaran pembinaan wartawan tersebut.(NG)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home