Saturday, September 02, 2006

Presiden: Media Pendorong Perdamaian Juga Pemicu Konflik

Nusa Dua Bali,--BOGORNEWS Link--:Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan media massa telah menjadi salah satu kekuatan besar bagi sebuah proses perdamaian. Di pihak lain, kata Presiden saat membuka Global Inter-Media Dialogue di Bali, kemarin (02/09), media juga menjadi pendorong munculnya konflik."Saya mencatat bahwa media punya kecenderungan untuk memicu atau malah memadamkan konflik. Tapi, kadangkala mampu mengikis kekerasan yang terjadi karena perbedaan persepsi," katanya.
Menurut Presiden, tidak ada hal yang lebih tepat untuk menjembatani perbedaan pendapat, menghindari kesalahpahaman, dan mengelola komunikasi untuk sebuah informasi yang akurat selain media. Dia berharap informasi yang disajikan media mampu menjadi agen perubahan dan mempromosikan kebebasan berpendapat, toleransi, pengertian serta perdamaian.Menteri Luar Negeri Norwegia, Jonas Gahr Store, dalam sambutannya menyatakan, media adalah jembatan terbaik untuk membangun sebuah dialog tentang kebangsaan, budaya, dan agama. Menurut Store dialog antarmedia tidak boleh berhenti sampai di sini.
Mengenai kasus pemuatan kartun Nabi Muhammad SAW yang sempat menimbulkan protes beberapa waktu lalu, sempat disingung Presiden RI maupun Store. Menurut Store, walaupun kebebasan berekpresi adalah hak fundamental media massa, tapi bukan sesuatu yang absolut. Presiden menambahkan, pemuatan kartun itu bentuk ketidaksesitifan media pada tradisi atau budaya suatu bangsa. “Media barat kurang mempertimbangkan perasaan masyarakat muslim bahwa hal tersebut dilarang dalam Islam. Pemuatan kartun tersebut membuat kaget dan shok masyarakat muslim," kata Presiden.Pertemuan yang dihadiri tokoh media di seluruh dunia itu diisi berbagai sesi diskusi tentang tantangan media dan kebebasan pers. Mereka yang hadir di antaranya Aidhan White dari International Federation of Journalis, Mike Chinoy dari CNN, dan Riz Khan dari stasiun televisi Al Jazeera.(Tempo Interaktif/Naga-BNL)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home