Saturday, July 08, 2006

Dua Napi Bobol LP Paledang

BOGOR—BOGORNEWS Link (BNL)--: Dua narapidana Lembaga Permasyarakatan (LP) Klas II Paledang, Bogor, Yanto Bin Darso, 25, dan Selamat Riyadi, 28, kabur dengan cara menjebol plafon Kamar Blok D, Sabtu (8/7) siang.
Namun pelarian keduanya hanya berlangsung selama satu jam setelah berhasil ditangkap kembali oleh petugas dan masyarakat di Sungai Cidasane, belakang LP Paledang.
Kaburnya dua napi tersebut pertama kali diketahui oleh Ade Hidayat, 24. Ade, yang tak lain adalah teman sesama narapidana itu langsung melaporkan hal itu kepada petugas LP yang melintas blok D.
Aksi kaburnya Yanto dan Selamt terjadi ketika pihak LP sedang memberlakukan jam besuk. Saat itu waktu menunjukan sekitar pukul 13.00 WIB dan dua napi yang berada di Blok D tersebut tengah melakukan asimilasi (tahap akhir bagi napi yang akan keluar LP).
Melihat tidak ada petugas, kedua napi tersebut langsung membongkar plafon kamar Blok D. Setelah itu, keduanya langsung keluar menuju kebun di belakang LP Paledang dan menceburkan diri ke sungai Cisadane.
Petugas yang mendapatkan laporan langsung melakukan pengejaran. Dibantu masyarakat setempat, kedua napi asal Depok tersebut berhasil ditangkap.
Menurut Kepala Keamanan LP Paledang, Yudi saat itu petugas yang berada di blok D atau Blok Asimilasi sangat minim. Karena, lanjut dia, blok tersebut diperuntukan untuk para taanan yang akan keluar LP.
"Ini yang pertama kalinya tahanan kabur. Dan lagi, biasanya mereka yang menghuni Blok D adalah para tahanan yang kira-kira masa tahananya kurang dari tiga bulan atau dua bulan," ujarnya.
Menyoal penjagaan saat itu, Yudi juga tidak menampik bahwa petugas LP lengah. Jumlah petugas terbatas dan jauh dibanding dengan jumlah napi. Kondisi di LP Paledang ini sudah over kapasitas dan sudah melebih aturan yang diatur undang-undang, dengan jumlah penghuni sekitar seribu lima ratus lebih," tandasnya. (Eko)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home